Perpindahan

Perpindahan IP Address Jaringan Magnet Hosting

Tanggal 29 Oct 2010
Kategori : Scheduled Maintenance,System & Network
Tag : ,

Beberapa waktu yang lalu Magnet Hosting (PT. Indonesia Digital Media) mendapatkan alokasi IPv4 dari APNIC (http://www.apnic.net) sebanyak /22 IPv4 dan sebuah ASN. Alokasi ini penting untuk kelanjutan layanan yang kami sediakan karena akan memberikan fleksibilitas routing blok IP yang kami kelola serta kemudahan penambahan blok baru , dengan demikian secara jangka panjang hal ini akan berdampak positif bagi usaha kami untuk tetap memberikan layanan yang terbaik bagi semua pengguna layanan Magnet Hosting.

Namun demikian, seiring dengan hal ini, blok IP Address yang kami kelola sebelumnya sebanyak 1 x /23 dan 1x /24 akan dikembalikan ke Upstream Provider kami saat ini dalam waktu singkat. Batas waktu perpindahan yang kami dapatkan adalah akhir minggu pertama November 2010, atau sekitar tanggal 7 November 2010. Dengan demikian, sesuai dengan layanan yang kami sediakan, secara garis besar ada beberapa perpindahan IP yang sangat penting dan harus dilakukan sebagai berikut;

  • Perpindahan IP Address untuk Server Shared Hosting termasuk Reseller Hosting
  • Perpindahan IP Address untuk Virtual Private Server (VPS)
  • Perpindahan IP Address untuk Dedicated Server (DS) dan Colocation Server (CL)
  • Perpindahan IP untuk Name Server, DNS Server dan Server Internal Magnet Lainnya

Langkah dan peranan dari pengguna layanan untuk setiap bagian perpindahan IP Address tersebut akan berbeda-beda tergantung kepada jenis layanan yang digunakan di Magnet Hosting.

Shared Hosting dan Reseller Hosting

Perubahan untuk layanan Shared Hosting dan Reseller Hosting akan dilakukan sepenuhnya oleh Magnet Hosting di sisi server, akan terjadi downtime di sisi pengunjung situs anda apabila masih terjadi propagasi DNS untuk IP Address yang baru. Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan oleh pengguna layanan;

  • Pengguna layanan shared hosting akan mendapatkan informasi mengenai waktu perubahan IP Address server tempat accountnya berada.
  • Setiap server akan berganti menjadi IP Baru, IP Baru ini akan diumumkan di on Magnet dan dapat digunakan apabila contohnya pengguna layanan menggunakan akses IP Address untuk login ke cPanel.
  • Bagi anda yang menggunakan Name Server sendiri dan bukan Name Server yang disediakan oleh Magnet Hosting (NS1 – NS4.MAGNET-ID.COM serta NS Anonymous) maka anda harus melakukan perubahan IP Address di Name Server yang anda gunakan sesuai dengan IP Address baru yang akan diumumkan.
  • Apabila anda menggunakan child name server di domain anda untuk melayani kebutuhan Name Server pelanggan anda pada kasus pengguna layanan Reseller Hosting, silahkan diupdate IP Address Name Server Anonymous yang akan kami sosialisasikan melalui support ticket.
  • Pengguna Layanan Shared dan Reseller Hosting dapat melihat accountnya berada di server mana melalui Fasilitas Pengelolaan Layanan Magnet Hosting, atau apabila anda ragu, silahkan kirimkan support ticket kepada kami.
  • Pengguna Layanan Reseller Hosting yang mebgelola IP Address Dedicated atau pengguna layanan shared hosting yang mengelola IP Address Dedicated akan mendapatkan penggantian IP Address sesuai dengan jumlah sebelumnya dan akan diinformasikan melalui support ticket. Pada kasus tertentu Magnet Hosting akan melakukan penyesuaian terhadap jumlah IP Address yang digunakan oleh pengguna layanan Reseller Hosting.

Proses perpindahan IP Address untuk layanan ini akan dimulai secepatnya dan diharapkan selesai pada pertengahan minggu pertama November 2010.

Virtual Private Server (VPS)

Proses perpindahan IP Address untuk pengguna layanan VPS akan dibagi menjadi dua tahapan;

  • Alokasi IP Address pengganti, yang akan di alokasikan melalui Control Panel VPS SolusVM, dan akan disosialisasikan melalui support ticket ke masing-masing pengguna layanan.
  • Perubahan IP Address mesin VPS terkait, dan akan diikuti oleh perubahan service yang memiliki ketergantungan kepada IP Address seperti misalnya Name Server dan Web Server.

Proses alokasi dan proses perubahan IP Address mesin akan dilakukan oleh Magnet Hosting, pengguna layanan VPS diharapkan dapat melakukan perubahan IP Address untuk service lainnya yang berada di dalam VPS tersebut. Magnet Hosting akan membantu anda melakukan perubahan IP Address apabila anda komunikasikan melalui support ticket.

Setiap pengguna layanan akan diinformasikan melalui support ticket dan komunikasi telepon sebelum perubahan dilakukan, apabila pengguna layanan tidak dapat dihubungi, kami akan berusaha menunda selama mungkin sampai dengan pertengahan minggu pertama November 2010, dan karena hal ini merupakan hal yang tidak dapat dihindari, maka kami terpaksa melakukan perubahan sepihak terhadap mesin VPS terkait.

Terkait dengan kondisi yang tidak dapat dihindari ini, Magnet Hosting akan memberikan deposit sebesar 10% dari nilai biaya berlangganan anda selama 1 bulan (di luar biaya lisensi dan lain-lain). Deposit ini akan diberikan ketika perubahan IP Address untuk VPS terkait sudah selesai dilakukan. Apabila karena satu dan lain hal anda tidak mendapatkan alokasi deposit ini, silahkan kirimkan billing ticket kepada kami. Deposit ini dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran di periode selanjutnya atau diimplementasikan di invoice unpaid yang anda miliki.

Dedicated Server (DS) dan Colocation Server (CL)

Proses perpindahan IP Address untuk pengguna layanan Dedicated Server dan Colocation Server secara garis besar terbagi menjadi;

  • Alokasi IP Address pengganti untuk server terkait, untuk server yang memiliki lebih dari 5 IP Address kami akan mengalokasikan minimal 1x subnet /29. Sesuai dengan total IP Address yang digunakan maka alokasi dapat kami lakukan maksimal per blok /28. Sebagai informasi tambahan, untuk /29 Usable IP Address adalah 5 buah, sementara untuk /28 Usable IP Address adalah 13 buah. Apabila jumlah yang dialokasikan lebih dari penggunaan anda saat ini, tidak perlu dikhawatirkan, karena Magnet Hosting akan menurunkan biaya untuk IP Address Dedicated. Alokasi IP Address ini akan dilakukan melalui Support Ticket.
  • Pengguna layanan Dedicated Server akan melakukan perubahan IP Address sesuai alokasi dandapat mengatur sendiri jadual perubahan IP Address tersebut, sampai dengan batas waktu akhir minggu pertama November 2010. Staff Magnet Hosting akan berada di dekat Data Center selama Minggu Pertama November 2010 agar dapat cepat melakukan pemeriksaan apabila terjadi kesalahan teknis.

Apabila perubahan tidak dilakukan pada batas waktu yang telah ditentukan, maka besar kemungkinan server anda akan kehilangan konektifitas jaringan. Magnet Hosting akan berusaha semaksimal mungkin mendampingi anda dalam proses ini, anda dapat melakukan komunikasi melalui support ticket.

Magnet Hosting akan memberikan tutorial migrasi IP Address terutama untuk server WHM / cPanel, dan juga untuk service lain serperti Web Server.

Terkait dengan kondisi yang tidak dapat dihindari ini, Magnet Hosting akan memberikan deposit sebesar 10% dari nilai biaya berlangganan anda selama 1 bulan (di luar biaya lisensi dan lain-lain). Deposit ini akan diberikan ketika perubahan IP Address untuk DS/CL terkait sudah selesai dilakukan. Apabila karena satu dan lain hal anda tidak mendapatkan alokasi deposit ini, silahkan kirimkan billing ticket kepada kami. Deposit ini dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran di periode selanjutnya atau diimplementasikan di invoice unpaid yang anda miliki.

Server Internal

Beberapa perubahan IP Address server internal akan dilakukan terlebih dahulu dan mungkin akan mengakibatkan kendala propagasi DNS bagi beberapa pengunjung. Berikut beberapa perubahan yang telah dilakukan;

  • Perubahan IP Address Web Server utama (situs Magnet Hosting, Artikel, On Magnet, Forum dan Fasilitas Pengelolaan Layanan).
  • Perubahan IP Address NS2 dan NS3 MAGNET-ID.COM menjadi 49.0.4.10 dan 49.0.5.10.
  • Perubahan IP Address Resolver untuk pengguna layanan VPS, DS dan CL menjadi 49.0.4.5 dan 49.0.5.5.
  • Perubahan IP Address Mail Server Magnet Hosting.
  • Perubahan IP Address Name Server Anonymous akan diinformasikan melalui support ticket.

Apabila dalam proses berjalan Magnet Hosting tidak dapat dihubungi melalui Alamat E-mail, silahkan kirimkan e-mail anda ke alamat e-mail magnethosting(at)gmail.com. Staff kami tetap dapat dihubungi melalui Telepon +62 21 85911602 dan 85911606.

Whois untuk Subnet IP Address

Pengguna layanan yang mengelola minimal subnet /29 akan mendapatkan perubahan whois khusus yang pada kolom description akan menampilkan perusahaan pengelola subnet tersebut. Informasi ini dapat anda peroleh dengan menjalankan perintah whois di server anda atau dengan menggunakan fasilitas whois berbasis web yang banyak tersedia, salah satunya adalah http://www.whois.sc/.

Apabila anda ingin melakukan perubahan whois pada kolom description (hanya kolom description), silahkan ajukan support ticket kepada kami. Kolom lain seperti NetName dan abuse e-mail tidak dapat dirubah.

Peningkatan Kapasitas Jaringan dan Bandwidth

Magnet Hosting akan melakukan perubahan topologi jaringan terkait dengan pengelolaan IP Address yang telah dialokasikan, beberapa perubahan yang cukup penting adalah sebagai berikut;

  • Penambahan mesin BGP Internasional dan BGP OpenIXP yang akan melakukan advertise blok IP Address yang kami kelola, dan memungkinkan topologi multihoming dengan multiple upstream provider.
  • Penambahan mesin router dan firewall.
  • Penambahan dan upgrade switch distribusi.

Dengan demikian dalam waktu dekat, Magnet Hosting berniat untuk melakukan implementasi multiple upstream untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas bandwidth yang dialokasikan untuk semua pengguna layanan.

Implementasi ini akan mengakibatkan downtime secara keseluruhan selama 15-30 menit dan diusahakan lebih cepat dari itu, waktu implementasi akan diumumkan dikemudian hari. Tahapan ini akan dilakukan setelah proses perpindahan IP Address dilakukan secara menyeluruh.

Situs ini dibuat dengan memanfaatkan Teknologi Open Source Wordpress, Nginx, 960 Grid System dan Linux CentOS.
Isi dari situs diutamakan untuk memberikan informasi terbaru kepada Pengguna Layanan Magnet Hosting terkait dengan promo, infrastruktur, status system dan jaringan, rencana maintenance dan lainnya.
Copyright PT. Indonesia Digital Media © 2008-2009. (Top)